PERTEMUAN 1
PENGERTIAN DAN
RUANG LINGKUP MANAJEMEN
A. DEFENISI,
ELEMEN, DAN TUJUAN MANAJEMEN
1. Defenisi
Manajemen :
•
James A.F. Stoner
: Manajemen
Sebagai Proses.
Proses => suatu
proses perencanaan ,mengorganisir , memotivasi dan mengarahkan ,serta mengawasi
untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.
•
Mary Parker
Follett : Manajemen Sebagai Seni.
Seni = > suatu
seni untuk mengarahkan dan mengatur karyawan atau bawahan ,seperti yang di
harapkan diri seorang pemimpin
•
Luther Gulick : Manajemen
Sebagai Ilmu.
Ilmu => suatu
dianggap ilmu apabila sistematis, logis, fakta, teori, saling berkaitan,
dinamis, dan tidak statis , dukungan ilmu lain.
•
Edgar H. Schein :
Manajemen sebagai Profesi.
Profesi => seorang
dianggap professional apabila mampu mengembangkan dan mampu melakukannya. Dan
bekerja pada standar peraturan
2. Elemen Dasar Manajemen :
–
Aktivitas
–
Mencapai tujuan
melalui orang lain
–
Menggunakan
sumber-sumber
–
Menerapkan
metoda, teknik dan pendekatan tertentu
–
Mencapai tujuan
–
Berlangsung dalam
suatu organisasi
3. Tujuan Manajemen
–
Untuk mencapai
tujuan.
–
Untuk menjaga
keseimbangan diantara tujuan-tujuan
yang saling
bertentangan.
–
Untuk mencapai
efisiensi dan efektivitas.
Efisiensi adalah Kemampuan
untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
Efektivitas adalah Kemampuan
untuk memilih tujuan yang tepat (yang benar) atau peralatan yang tepat untuk
mencapai tujuan yang telah ditentukan.
Menurut Peter Drucker:
Efektivitas adalah melakukan
pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan
Efisiensi adalah
melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right).
B.
FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
·
George R. Terry :
POAC (Planning,
Organizing, Actuating and Controlling.)
·
Allen, Louis A :
- Memimpin
(leading)
- Merencana
(planning)
- Menyusun
(organizing)
4. Mengawasi (controlling)
·
Luther Gulick :
POSDCORB (Planning,
Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting and Budgeting).
·
Henry Fayol :
Planning and Forecasting, Organizing, Commanding, Coordinating and Controlling.
·
Koontz Harold
- Planning
- Organizing
- Staffing
- Directing
and Leading
- Controlling
Fungsi-Fungsi
Manajemen dan Aktivitasnya :
Perencanaan (Planning) : Pemilihan atau
penetapan tujuan, strategi, kebijakan, program, prosedur, sistem, anggaran dan
standar, dsb.
Pengorganisasian (Organizing) :
Penentuan sumber daya dan kegiatan, perancangan dan pengembangan suatu
organisasi, penugasan tanggungjawab, pendele-gasian wewenang, dsb.
Penyusunan Personalia (Staffing) :
Recruitment, diklat, penempatan, penilaian kinerja, promosi, demosi, pemecatan,
dsb.
Pengarahan
(Leading, Directing, Motivating, Actuating) : Kominikasi,
motivasi, displin, dsb.
Pengendalian/Pengawasan (Controlling) :
Penetapan standar dan ukuran, pengukuran pelaksanaan nyata dan
membanding-kannya dengan standar, pengambilan tindakan koreksi, dsb.
Kegiatan-Kegiatan
Manajer
• Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain.
• Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan- tujuan
yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
• Manajer bertanggungajawab dan mempertanggung-jawabkan.
• Manajer harus berpikir secara analis dan konsptual.
• Berperan sebagai mediator, politisi dan diplomat
(sebagai wakil/repesentatif).
• Menetapkan keputusan-keputusan.
Peran-Peran
Manajer : ( Henry Mintzberg )
mengelompokkan perilaku-perilaku manajer menjadi 3
(tiga) bidang peran :
Ø
Antar Pribadi :
Simbolis (Menerima dan
menjamu tamu, penghadiri undangan, upacara). Pemimpin (Mengatur, mendidik,
memotivasi, membimbing bawahan), dan Penghubung (Membina jaringan dari luar,
misalnya rekanan, pemerintah).
Ø
Informasional :
Pemantau (Mencari dan menerima berbagai informasi). Penyebar (keputusan-keputusan
baru kepada bawahan Juru bicara). Juru Bicara (Menyampaikan informasi kepada
pihak luar).
Ø
Pembuatan
(pengambil) Keputusan : Wiraswastawan
(Mendeteksi peluang dan tantangan, inisiatif, kreatif). Penangkal Kesulitan
(Penanggulangan pemogokan, penampung keluhan, kekurangan). Pengalokasi Sumber
Daya (Menyusun jadwal, mendelegasian wewenang), dan Perunding (Melakukan
perundingan, misalnya dengan serikat buruh, pemerintah).
C. KLASIFIKASI DAN KETRAMPILAN MANAJEMEN
- Klasifikasi
Manajemen
Berdasarkan
tingkatan dalam organisasi :
- Manager
lini pertama (first line manager) : Manager
yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Misalnya; Mandor,
Penyelia, Supervisor.
- Manager
menengah (middle manager) : Manager yang mengarahkan
kegiatan-kegiatan yang mengimplementasi kebijakan organisasi dan membuat
keseimbangan antara apa yang dituntut oleh atasannya dengan kemampuan para
bawahannya. Misalnya; Kepala Departemen, Manager Cabang, Kepala Pengawas,
Manager Personalia, dsb.
- Manager
puncak (top manager) :
Manager yang bertanggungjawab secara keseluruhan, menetapkan kebijakan
operasional dan menuntun interaksi organisasi dengan lingkungannya.
Misalnya; Presdir (Chief Executive Officer-CEO), Direktur Utama
(President), Wakil Direktur Utama Senior (Senior Vice President),
Sekretaris Perusahaan, Kepala Perwakilan.
Berdasarkan
lingkup tugasnya (kegiatannya) :
- Manajer
umum: Mengatur, mengawasi dan bertanggungjawab atas
satuan kerja secara keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua
atau beberapa kegiatan fungsional satuan kerja. Misalnya; sebuah
perusahaan, anak perusahaan atau sebuah divisi.
- Manajer
Fungsional: Hanya bertanggungjawab atas satu kegiatan
organisasi. Misalnya; Produksi, Pemasaran, Keuangan, dsb.
Berdasarkan Fungsi Utama Manajemen :
- Manajemen
Administrasi: Lebih berurusan dengan penetapan tujuan,
perencanaan, penyusunan kepegawaian, pengorganisasian, dan penga-wasan.
- Manajemen
Operatif: Memotivasi, supervisi, komunikasi dengan para
karyawan untuk mengarahkan supaya mencapai tujuan.
2. KETRAMPILAN MANAJEMEN
Robert L. Katz mengemukakan tiga jenis ketrampilan
managerial, yaitu :
- Keterampilan
Konseptual (Conceptual Skill) à kemampuan mental untuk mengkoordinasikan
dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi
- Keterampilan
Kemanusiaan (Human Sklill) à
kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain baik
sebagai individu ataupun kelompok
- Kemampuan
Teknis (Technical Skill) à
kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur atau teknik dari
suatu bidang tertentu à akutansi, produksi, penjualan, mesin dsb.
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon untuk yang memberikan komentar dengan kata-kata yang sopan dengan sesuai dengan judul postingan !!!