Status Project

14 Mei 2016

Materi Manajemen (pertemuan -1)

PERTEMUAN 1
PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN

A.      DEFENISI, ELEMEN, DAN TUJUAN MANAJEMEN
1.       Defenisi Manajemen :
          James A.F. Stoner Manajemen Sebagai Proses.
Proses => suatu proses perencanaan ,mengorganisir , memotivasi dan mengarahkan ,serta mengawasi untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.
          Mary Parker Follett : Manajemen Sebagai Seni.
Seni = > suatu seni untuk mengarahkan dan mengatur karyawan atau bawahan ,seperti yang di harapkan diri seorang pemimpin
          Luther Gulick : Manajemen Sebagai Ilmu.
Ilmu => suatu dianggap ilmu apabila sistematis, logis, fakta, teori, saling berkaitan, dinamis, dan tidak statis , dukungan ilmu lain.
          Edgar H. Schein : Manajemen sebagai Profesi.
Profesi => seorang dianggap professional apabila mampu mengembangkan dan mampu melakukannya. Dan bekerja pada standar peraturan

2. Elemen Dasar Manajemen :
        Aktivitas
        Mencapai tujuan melalui orang lain
        Menggunakan sumber-sumber
        Menerapkan metoda, teknik dan pendekatan tertentu
        Mencapai tujuan
        Berlangsung dalam suatu organisasi

3. Tujuan Manajemen
        Untuk mencapai tujuan.
        Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan
yang saling bertentangan.
        Untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.


Efisiensi adalah Kemampuan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan dengan benar.
Efektivitas adalah Kemampuan untuk memilih tujuan yang tepat (yang benar) atau peralatan yang tepat untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan.

Menurut Peter Drucker:
Efektivitas adalah melakukan pekerjaan yang benar (doing the right things), sedangkan
Efisiensi adalah melakukan pekerjaan dengan benar (doing things right).

B.       FUNGSI-FUNGSI MANAJEMEN
·         George R. Terry :
POAC (Planning, Organizing, Actuating and Controlling.)

·         Allen, Louis A :
  1. Memimpin (leading)
  2. Merencana (planning)
  3. Menyusun (organizing)
4.      Mengawasi (controlling)

·         Luther Gulick :
POSDCORB (Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Reporting and Budgeting).

·         Henry Fayol : Planning and Forecasting, Organizing, Commanding, Coordinating and Controlling.

·         Koontz Harold
  1. Planning
  2. Organizing
  3. Staffing
  4. Directing and Leading
  5. Controlling




*      Fungsi-Fungsi Manajemen dan Aktivitasnya :

Perencanaan (Planning) : Pemilihan atau penetapan tujuan, strategi, kebijakan, program, prosedur, sistem, anggaran dan standar, dsb.
Pengorganisasian (Organizing) : Penentuan sumber daya dan kegiatan, perancangan dan pengembangan suatu organisasi, penugasan tanggungjawab, pendele-gasian wewenang, dsb.
Penyusunan Personalia (Staffing) : Recruitment, diklat, penempatan, penilaian kinerja, promosi, demosi, pemecatan, dsb.
Pengarahan  (Leading, Directing, Motivating, Actuating) : Kominikasi, motivasi, displin, dsb.
Pengendalian/Pengawasan (Controlling) : Penetapan standar dan ukuran, pengukuran pelaksanaan nyata dan membanding-kannya dengan standar, pengambilan tindakan koreksi, dsb.

*      Kegiatan-Kegiatan Manajer

       Manajer bekerja dengan dan melalui orang lain.
       Manajer memadukan dan menyeimbangkan tujuan- tujuan yang saling bertentangan dan menetapkan prioritas-prioritas.
       Manajer bertanggungajawab dan mempertanggung-jawabkan.
       Manajer harus berpikir secara analis dan konsptual.
       Berperan sebagai mediator, politisi dan diplomat (sebagai wakil/repesentatif).
       Menetapkan keputusan-keputusan.

*      Peran-Peran Manajer : ( Henry Mintzberg )

mengelompokkan perilaku-perilaku manajer menjadi 3 (tiga) bidang peran :
Ø  Antar Pribadi : Simbolis  (Menerima dan menjamu tamu, penghadiri undangan, upacara). Pemimpin (Mengatur, mendidik, memotivasi, membimbing bawahan), dan Penghubung (Membina jaringan dari luar, misalnya rekanan, pemerintah).

Ø  Informasional : Pemantau (Mencari dan menerima berbagai informasi). Penyebar (keputusan-keputusan baru kepada bawahan Juru bicara). Juru Bicara (Menyampaikan informasi kepada pihak luar).

Ø  Pembuatan (pengambil) Keputusan : Wiraswastawan (Mendeteksi peluang dan tantangan, inisiatif, kreatif). Penangkal Kesulitan (Penanggulangan pemogokan, penampung keluhan, kekurangan). Pengalokasi Sumber Daya (Menyusun jadwal, mendelegasian wewenang), dan Perunding (Melakukan perundingan, misalnya dengan serikat buruh, pemerintah).

C. KLASIFIKASI DAN KETRAMPILAN MANAJEMEN
  1. Klasifikasi Manajemen
*      Berdasarkan tingkatan dalam organisasi :
  1. Manager lini pertama (first line manager) : Manager yang memimpin dan mengawasi tenaga-tenaga operasional. Misalnya; Mandor, Penyelia, Supervisor.
  2. Manager menengah (middle manager) : Manager yang mengarahkan kegiatan-kegiatan yang mengimplementasi kebijakan organisasi dan membuat keseimbangan antara apa yang dituntut oleh atasannya dengan kemampuan para bawahannya. Misalnya; Kepala Departemen, Manager Cabang, Kepala Pengawas, Manager Personalia, dsb.
  3. Manager puncak  (top manager) : Manager yang bertanggungjawab secara keseluruhan, menetapkan kebijakan operasional dan menuntun interaksi organisasi dengan lingkungannya. Misalnya; Presdir (Chief Executive Officer-CEO), Direktur Utama (President), Wakil Direktur Utama Senior (Senior Vice President), Sekretaris Perusahaan, Kepala Perwakilan.

*      Berdasarkan lingkup tugasnya (kegiatannya) :
  1. Manajer umum: Mengatur, mengawasi dan bertanggungjawab atas satuan kerja secara keseluruhan atau divisi operasi yang mencakup semua atau beberapa kegiatan fungsional satuan kerja. Misalnya; sebuah perusahaan, anak perusahaan atau sebuah divisi.
  2. Manajer Fungsional: Hanya bertanggungjawab atas satu kegiatan organisasi. Misalnya; Produksi, Pemasaran, Keuangan, dsb.

 Berdasarkan Fungsi Utama Manajemen :
  1. Manajemen Administrasi: Lebih berurusan dengan penetapan tujuan, perencanaan, penyusunan kepegawaian, pengorganisasian, dan penga-wasan.
  2. Manajemen Operatif: Memotivasi, supervisi, komunikasi dengan para karyawan untuk mengarahkan supaya mencapai tujuan.
2. KETRAMPILAN MANAJEMEN
Robert L. Katz  mengemukakan tiga jenis ketrampilan managerial, yaitu :


  1. Keterampilan Konseptual (Conceptual Skill) à  kemampuan mental untuk mengkoordinasikan dan mengintegrasikan seluruh kepentingan dan kegiatan organisasi
  2. Keterampilan Kemanusiaan (Human Sklill) à kemampuan untuk bekerja dengan memahami dan memotivasi orang lain baik sebagai individu ataupun kelompok
  3. Kemampuan Teknis (Technical Skill) à kemampuan untuk menggunakan peralatan-peralatan, prosedur atau teknik dari suatu bidang tertentu à akutansi, produksi, penjualan, mesin dsb.

Add to Cart

0 komentar:

Posting Komentar

Mohon untuk yang memberikan komentar dengan kata-kata yang sopan dengan sesuai dengan judul postingan !!!