DOWNLOAD FILE DOC DISINI = > Tusfiles
QUIZ BEFORE UTS / 2010-2011
REKAYASA PIRANTI LUNAK – T0114
Derwin Suhartono, S.Kom
I.
PILIHAN GANDA (20 soal – 40%)
1.
Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat menyebabkan
kegagalan pengembangan proyek software, kecuali
- Waktu penyelesaian proyek yang tidak realistis
- Resiko yang dapat diprediksi dan yang tidak dapat
diprediksi
- Kesulitan teknis
- Kesalahan dalam manajemen proyek
- Semua jawaban benar
2.
Untuk memahami software dan akhirnya memahami rekayasa
software, maka kita harus mengetahui karakteristik software. Berikut ini adalah
karakteristik software
- Software dapat dikembangkan atau direkayasa
- Software tidak habis dipakai tetapi software bisa
usang (obsolete)
- Kebanyakan software adalah custom-build
- Jawaban a, b, dan c benar
- Jawaban a dan b benar
3.
Manajemen proyek software yang efektif memusatkan pada
4P, yaitu:
A. People, Product, Project, dan Proriority
B. People, Product, Process, dan Procurement
C.
People, Product, Process, dan Project
D. People, Product, Planning, dan Procurement
E. People, Product, Process, dan Priority
4.
Beberapa alasan mengapa
software perlu diukur adalah sebagai berikut, kecuali:
- Untuk menentukan kualitas
produk software
- Untuk mengkaji produktivitas
orang yang membuat produk software
C.
Untuk mengukur
banyaknya komputer yang digunakan
- Untuk mengkaji keuntungan yang diperoleh dari
metoda dan alat bantu rekayasa software baru
- Untuk membuat suatu landasan perkiraan rekayasa
software
5.
Salah satu tujuan dari
perencanaan proyek software adalah
A.
Menyediakan kerangka
kerja yang memungkinkan seorang manajer untuk membuat perkiraan yang beralasan
terhadap pemrograman
B.
Menyediakan kerangka
kerja yang memungkinkan seorang manajer untuk membuat perkiraan yang beralasan
terhadap pemeliharaan
C.
Menyediakan kerangka
kerja yang memungkinkan seorang manajer untuk membuat perkiraan yang beralasan
terhadap pengaruh lingkungan
D.
Menyediakan kerangka kerja yang memungkinkan seorang manajer untuk membuat
perkiraan yang beralasan terhadap sumber daya, biaya, dan jadwal
E.
Semua jawaban salah
6.
Dalam melakukan
perencanaan proyek software, hal yang perlu diperhatikan adalah ruang lingkup
software yang menjelaskan hal-hal berikut ini, kecuali:
A. Algoritma
B.
Unjuk kerja
C.
Antar muka
D. Kehandalan
E.
Fungsi
7.
Tujuan utama dari penerapan RPL adalah :
A.
Membangun software secara ekonomis, andal (reliable) dan
efisien
B.
Membangun software menurut keinginan user
C.
Membangun software mengikuti perkembangan teknologi
D.
Membangun software yang dapat memecahkan masalah
8.
Alat bantu seperti CASE dalam RPL dimaksudkan untuk :
A.
membantu user dalam memahami hasil analisa
B.
meningkatkan kemampuan sistem analis
C.
meningkatkan produktifitas pemrograman
D. memudahkan pembuatan dokumentasi dan modifikasi
9.
Ciri dan analisa kebutuhan software mencakup :
A. kebutuhan domain informasi
B. kebutuhan fungsi organisasi
C.
keburuhan performance dan interface
D. ketiga jawaban semuanya benar
10.
Pendekatan pengembangan software dengan prototype
mempunyai keuntungan antara lain :
A.
dapat mencoba idea dengan biaya yang murah
B.
memperoleh hasil yang sangat teliti
C.
mempermudah pembuatan program
D. menghasilkan dokumen yang detil dan lengkap
11.
Teknik grafikal dalam data flow diagram menggunakan
simbol :
A.
input, proses dan output
B.
entitas luar, proses, aliran data dan penyimpan data
C.
pemakai, komputer, laporan dan prosedur
D. aliran data, struktur data, dan kamus data
12.
Kualitas dari suatu produk RPL sangat ditentukan terutama
pada tahap:
A.
studi kelayakan
B.
analisa
C.
perancangan
D. pemrograman
13.
Yang tidak termasuk sebagai karakteristik software
adalah :
A.
software bersifat logic
B.
software tidak rusak
C.
software tergantung pada hardware
D.
software pada umumnya dikembangkan
14.
Yang merupakan ciri dari software sistem ialah :
A.
mengontrol dan mengukur kejadian nyata (real world)
B.
program yang dibuat untuk melayani program lain
C.
biasanya digunakan untuk single user
D. mempunyai interaksi yang kuat dengan user
15. Yang termasuk ke dalam Hooker’s General Principles, kecuali :
A. The Reason It All Exists
B. Maintain The Vision
C.
Keep It Quite Complex
D. Plan Ahead For Use
16. Process Model yang menggunakan Use Case sebagai penggeraknya adalah:
A.
Formal methods
B. Unified Process
C.
Incremental Model
D. Prototyping
17. Yang bukan merupakan elemen dari software requirements analysis yaitu:
A. Domain model
B.
Class model
C.
Flow model
D. Behavioral model
18.
Di dalam pemodelan berbasiskan
class akan disajikan hal-hal penting, diantaranya:
A. Class, relationship,
operations
B.
Object, variable, data
flow
C.
Responsibility, data
type, constant
D. Aggregation, collaboration, inheritance
19.
Proses dari pengubahan
sistem software yang tidak mengubah external behavior dari code namun
meningkatkan struktur internalnya adalah :
A.
Engineering
B. Refactoring
C.
Deploying
D. Improving
20. Lihat pada gambar di bawah ini:
Arsitektur ini merupakan jenis dari arsitektur:
A. Data Centered Architecture
B. Data Flow Architecture
C.
Call and Return Architecture
D. Layered Architecture
II. ESSAY (2 soal
– 20 %)
1.
a. Jelaskan model
proses (incremental model) tersebut
b. Dalam kondisi seperti apa model tersebut cocok digunakan?
2.
Jelaskan penyebab utama
keterlambatan waktu penyelesaian proyek software.
III. KASUS (2 OUT
OF 4 - 40 %)
Sebuah
bank swasta hendak membangun sistem Anjungan Tunai Mandiri yang memungkinkan
nasabahnya melakukan transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu ATM yang diterbitkan
oleh pihak bank. Kartu ATM ini dilengkapi dengan nomor kartu dan PIN (Personal
ID Number) demi faktor keamanan dalam bertransaksi.
Nasabah
yang akan melakukan transaksi di ATM terlebih dahulu harus memasukkan kartu
ATMnya ke dalam slot kartu dan selanjutnya menginput PINnya dengan keyboard
yang terdiri dari 10 tombol angka (0,1,…,9) dan 1 tombol kembali (CANCEL).
Selanjutnya, sebuah mesin kendali dalam ATM akan melakukan validasi kartu ATM
berdasarkan nomor dan PIN dari kartu ATM.
Bila
valid, maka mesin kendali dalam ATM akan menampilkan seurutan pilihan jumlah
uang yang tepat ditarik oleh nasabah. Nasabah dapat memilih salah satu di
antaranya dengan menekan tombol angka yang bersesuaian dengan nomor urut
pilihan jumlah uang. Berdasarkan pilihan jumlah uang tersebut, mesin kendali
ATM kemudian akan mengeluarkan uang melalui sebuah dispenser dan nasabah dapat
mengambilnya. Setelah itu mesin kendali akan mengeluarkan kartu ATM nasabah
sebagai tanda berakhirnya transaksi.
Bila
tidak valid, maka mesin kendali akan menampilkan pesan kesalahan di monitor dan
meminta nasabah memasukkan kembali PIN yang benar.
Dalam
melakukan transaksi dengan ATM ini, nasabah dimungkinkan membatalkan
transaksinya dengan menekan tombol CANCEL.
Pilih 2 di antara 4 diagram berikut untuk Anda kerjakan:
1.
Use Case Diagram
2.
Class Diagram
3.
Data Flow Diagram
4.
Activity Diagram
Add to Cart
0 komentar:
Posting Komentar
Mohon untuk yang memberikan komentar dengan kata-kata yang sopan dengan sesuai dengan judul postingan !!!